Mahasiswa Disabilitas Dapatkan Perlakuan Khusus

Barisan Maba disabilitas menuju ke GOR Pertamina. Dok. Canopy/Niswatin H
Barisan Maba disabilitas menuju ke GOR Pertamina. Dok. Canopy/Niswatin H

MALANG, CANOPY – Universitas Brawijaya (UB) merupakan sebuah perguruan tinggi di Kota Malang dengan peminat terbanyak nomor dua di Indonesia. Banyak siswa-siswi yang setelah lulus memilih untuk melanjutkan pendidikannya di UB, tidak terkecuali siswa-siswi disabilitas. Disabilitas merupakan sebuah istilah yang meliputi gangguan atau kekurangan terhadap diri seseorang.

Tercatat ada 14 mahasiswa disabilitas yang turut mengikuti rangkaian acara PK2MU kali ini (01/09/2015). Mahasiswa tersebut tersebar dari berbagai fakultas di universitas Brawijaya. Menurut Ahmad Didin (20) selaku Koordinator divisi acara Raja Brawijaya menuturkan bahwa penyandang disabilitas mendapatkan perlakuan khusus. “Mereka dijemput menggunakan ambulans dan dilewatkan jalur khusus di jalan veteran. Mereka dibedakan di cluster sendiri pada cluster 7” ungkapnya.

Pendampingan khusus juga terlihat disekitar barisan mahasiswa disabilitas. Mulai dari pendampingan ketika berbaris, ketika memasuki ruangan, hingga pendampingan saat berada didalam ruangan. Penyandang disabilitas ditempatkan bersama pada satu ruangan di gor pertamina.

 

Reporter: Dwi Ghina F, Niswatin Hasanah, Desy Fitri Fajar U.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.