Fakultas Pertanian Dukung UB Jadi PTN-BH

Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS. Dihadapan mahasiswa pertanian sembari memaparkan Rencana Kerja Fakultas Pertanian untuk tahun 2016. Dok. CANOPY
Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS. Dihadapan mahasiswa pertanian sembari memaparkan Rencana Kerja Fakultas Pertanian untuk tahun 2016. Dok. CANOPY

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya menyatakan mendukung UB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Pernyataan ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS., dalam acara Aspirasi Maperta yang bertempat di Gedung Baru lantai 5 Fakultas pertanian Universitas Brawijaya, Jum’at (6/11/15).

Saat ditanya mengapa Fakultas Pertanian mendukung UB menjadi PTN-BH, Pak Nuhfil sapaan akrabnya, menjelaskan akan ada beberapa keuntungan saat UB menjadi PTN-BH. Salah satu keuntungan yang di dapat adalah PTN-BH bisa mencari sumber dana keuangan secara mandiri. “PTN-BH bisa cari duit” ungkapnya.

Beliau juga mencontohkan IPB yang telah memiliki 14 PT (Perseroan terbatas) yang dikelola pihak universitas guna menyokong keuangan universitas.

Program dukungan ini telah dirancang mulai saat ini, yang realisasinya akan menyusul pada tahun 2016. Saat ini Universitas Brawijaya sedang mempersiapkan diri untuk menjadi PTN-BH, meskipun status PTN-BH ditentukan atau ditunjuk langsung oleh Dikti. “Kalau dulu mengusulkan, kini status PTN-BH ditunjuk langsung oleh dikti” tambahnya.

Meskipun demikian PTN-BH masih menuai banyak kontroversi. Kontroversi ini juga diakui secara langsung oleh Pak Nuhfil. “Memang masih banyak kontroversi mengenai status PTN-BH ini, saat ini UB juga masih dalam persiapan” pungkasnya.

Reporter : Puji Tarseno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.