Dimanakah ECP?

Malang, CANOPY– Memasuki awal semester genap 2018 terlihat hal yang berbeda di samping gedung Hama Penyakit Tanaman (HPT). Suasana ramai mahasiswa menikmati makanan atau mengerjakan tugas di kursi-kursi yang disediakan tidak terlihat lagi. Hal tersebut disebabkan karena tidak diadakannya kembali Enterpreneur Camp Pertanian atau ECP di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB). Awalnya ECP berada di sebelah selatan Gedung Hama Penyakit Tanaman dan sebelah utara rumah kaca FP.

ECP dibangun pada tahun 2016 dengan tujuan praktik berwirausaha bagi mahasiswa Fakultas Pertanian. “Pada awalnya, lokasi ECP yang berada di sebelah gedung HPT digunakan untuk pameran PMW (Pekan Mahasiswa Wirausaha)” ujar Mining selaku bagian umum FP. Setelah satu tahun, ECP menimbulkan beberapa masalah diantaranya lingkungan menjadi kumuh karena mahasiswa yang membeli makanan membuang sampahnya sembarangan, suasana yang ramai dan bising menyebabkan civitas akademika yang ada di gedung menjadi terganggu karena letak ECP yang sangat berdekatan dengan gedung HPT, kepemilikan stand yang tidak jelas karena diketahui beberapa penyewa stand yang bukan dari mahasiswa FP serta persoalan pengelolaan yang lain.

Beberapa permasalahan yang ditimbulkan menyebabkan Wakil Dekan 2 Fakultas Pertanian, Damanhuri menghentikan kontrak penyewaan stand pada Januari 2018. Penghentian kontrak stand ECP ini bersamaan dengan akreditasi AUN QA yang berlangsung pada bulan januari 2018 dengan memindahkan seluruh gerobak yang ada di ECP sehingga daerah disamping gedung HPT  terlihat bersih.

Rencananya ECP akan dipindah di sebelah utara Depo Agrepreneur atau sebelah selatan rumah kaca FP dan berada didepan gedung sentral FP UB yang baru saja dibangun. ”Kalau gazebo yang berkanopi di lantai dua gedung sentral itu memang untuk kantin tapi bukan untuk stand ECP yang baru. Waktu pengoperasiannya masih belum tahu kapan waktunya. Kalau letaknya di sebelah Depo Agrepreneur kan dekat dengan pintu utama GS jadi kemungkinan akan ramai” tambah Mining. Saat ini lokasi ECP yang baru telah dibangun namun belum ditempati karena pihak fakultas masih mendata mahasiswa yang akan menyewa stand dan memlih stand yang memenuhi persyaratan. Lokasi ECP yang baru utuk sementara hanya dapat diisi oleh lima stand saja. “Nanti iuran pertama untuk pembelian payung-payung kantin dan juga untuk kebersihan” tambahnya.

ECP hanya dapat disewa oleh mahasiswa Fakultas Pertanian UB. Mahasiswa tersebut maksimal sedang menempuh semester enam. Lama kontrak penyewaan tempat di ECP adalah satu tahun agar terjadi pergantian produk yang dijual dan juga mahasiswa lain dapat bergantian menggunakan lokasi tersebut.

Reporter : Khusnul Hasanah

Editor : Elfita Rahma

2 thoughts on “Dimanakah ECP?

  • March 31, 2018 at 7:24 am
    Permalink

    Wah nice info min. Saya jadi tau info nya ECP. 🙂

    Reply
  • April 1, 2018 at 3:55 pm
    Permalink

    Oh begitu pantesan ko gaada lagi disamping hpt

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.