POSTER : Memahasiswakan Mahasiswa

Sumber : bemfp.ub.ac.id/poster/
Sumber : bemfp.ub.ac.id/poster/

MALANG, CANOPY—Seperti yang kita ketahui bahwa penugasan dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Fakultas (PKKMF) lebih berat daripada penugasan dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas (PKKMU). Wafiq yang menjadi Koordinator Divisi Acara Pekan Orientasi Terpadu (POSTER) menjelaskan bahwa tugas tersebut untuk menanamkan nilai-nilai yang diharapkan serta dimiliki oleh mahasiswa baru (maba) Fakutas Pertanian (FP).

Tema yang diusung dalam kegiatan POSTER ini yaitu Religius, Nasionalis, dan Intelektual. Penugasan berdasarkan tiga poin penting dalam tema tersebut. “Tugas yang diberikan tersebut untuk memahasiswakan mahasiswa,” terang mahasiswa agribisnis angkatan 2014 ini.

Wafiq menjelaskan bahwa memahasiswakan mahasiswa tersebut seperti pengurangan atribut serta penugasan POSTER daripada tahun sebelumnya karena atribut dan penugasan dirasa tidak relevan dengan visi dan misi yang ditanamkan kepada mahasiswa. “Tas karung diganti menjadi tas hitam ransel, kalau memakai karung seakan nilai prestisius dari FP itu hilang, makanya kita ganti hal yg bersifat elegan tetapi tetap tercapai nilai yg diinginkan”, tuturnya.

Penugasan tersebut juga akan dinilai oleh panitia karena akan menentukan kelulusan maba dalam kegiatan POSTER. Pihak panitia telah berkoordinasi dengan pihak fakultas agar penilaian dilakukan secara obyektif.

Terkait dengan pemberitahuan penugasan melalui situs resmi panitia POSTER yang dilakukan secara bertahap, Wafiq menjelaskan bahwa hal tersebut dikarenakan menunggu Surat Keputusan (SK) dari pihak Rektorat contohnya yaitu mengenai Hak, Kewajiban, dan Larangan Mahasiswa Baru. Sedangkan untuk nama dan nomor kelompok menunggu kepastian dari jumlah mahasiswa baru itu sendiri yang baru betul-betul jumlahnya pada tanggal 1 September. “Jadi dari dulu kami ingin sekali meng-upload tapi karena menunggu hal  semua beres maka jarak interval waktu yg lama jadi kami meng-upload yang seadanya saja,” katanya.

“Kriteria untuk kelulusan poster yaitu, berdasarkan dari poster tahun lalu yg jumlah mahasiswa yg tidak lulus poster mencapai 27%, sehingga pada tahun ini penugasan agak dirampingkan serta untuk penilaian telah adanya koordinasi dari panitia mahasiswa dan panitia fakultas. Sehingga untuk kriteria kelulusan menunggu hasil koordinasi dari kedua pihak dan berpatokan pada SK,” tambahnya. (ahmedo/nis/dgf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *