Sempat Heboh, Panitia Akui Kesalahan Hitung

P1150274-1024x768
Hasil perhitungan suara calon anggota DPM FP-UB 2016. Dok CANOPY

Malang, CANOPY  – Selasa (22/12), mahasiswa Fakultas Pertanian – Universitas Brawijaya (FP-UB) sempat dihebohkan kabar tentang surat suara yang hilang. Namun selang berapa saat kemudian, panitia mengklarifikasi kabar burung tersebut. Mereka akui ada kesalahan hitung.

“Kami tadi malam baru melipat surat suara, kemungkinan ada sedikit lalai panitia dalam penghitungan, setelah tadi di hitung ulang, memang angkanya berkurang, namun hilangnya angka tadi belum bisa di klarifikasi lebih lanjut,” ungkapnya.

Menurut Rifqi, surat suara hilang yang bisa diperkirakan sekitar 120 surat suara atau sekitar 3 bandel, dan hal tersebut dipastikan karena faktor kelalaian manusia saja.

Rencananya panitia mencetak 2 ribu surat suara untuk presiden BEM dan 2 ribu untuk calon DPM. Setelah dicetak kemarin (senin, red), ternyata ada tambahan dari percetakan, jumlahnya menjadi lebih dari 2200-an surat suara, dan saat tadi pagi di hitung ulang, panitia menemukan beberapa kelalaian, dan itu hanya kesalahan dalam perhitungan.

“Sebelum TPS dibuka juga ada pertemuan dengan para saksi terkait penghitungan jumlah suara, ternyata hanya human error saja,” tambah Rifqi.

Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Rifqi juga telah menanggapi hal tersebut, karena ada beda pada surat suara yang sudah dipakai dengan adanya stempel. “Surat suara tadi yg telah kita hitung di awal, nanti kita samakan jumlahnya dengan surat suara akhir, surat yg sudah dipakai berapa yang tidak dipakai berapa, surat yg dipakai ditandai dengan adanya stempel,” pungkasnya. (anr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf konten ini merupakan hak cipta kami. Untuk menduplikasi karya ini dapat menghubungi kami di redaksi@persmacanopy.com