Festival Isshoni Tanoshimimashou di FIB

IMG-20160514-WA0004
Suasana festvial Isshoni Tanoshimimashou di FIB pada Sabtu (14/5/2016). Dok. CANOPY/Elfita

Malang, CANOPY—Terlihat keramaian dan lalu lalang orang- orang memakai cosplay di depan gedung Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya. Hal ini karena berlangsungnya  festival tahunan yang diberi nama  Isshoni Tanoshimimashou yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang. Festival ini diadakan selama dua hari yaitu pada tanggal 14-15 Mei 2016.

Festival yang berartikan “Ayo Bergembira Bersama” mempunyai rangkaian acara pada hari pertama dimulai dengan perlombaan untuk siswa SMA sebanyak tujuh lomba yaitu Lomba Cerdas Cermat, Benron, Kikikakitori, Manga Roudoku, Shoudo dan Kanji. Sedangkan untuk peserta umum yaitu Lomba Fanart, Doujinshi, Karaoke, Band, dan Cosplay. Selain perlombaan, terdapat pula stan-stan makanan dan pernak pernik khas jepang yang dijual diluar gedung fakultas ilmu budaya.

Salah satu panitia festival Isshoni Tanoshimimashou, Qory menyatakan bahwa festival yang telah memasuki tahun ke sebelas ini telah menyedot peserta hingga luar pulau Jawa seperti nusa tenggara, Sumatra dan Kalimantan. “Peserta IT 11 ini tidak hanya se-Jawa Bali namun juga telah ada peserta dari Kalimantan dan Sumatra, dan  ini melebihi jumlah target dari panitia,” ungkapnya.

Untuk rangkaian acara hari kedua lebih dikhususkan pada hiburan dan penampilan khas Jepang seperti tari dan band beraliran jepang. Mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin menyaksikannya dapat berkunjung ke festival ini tanpa dikenakan biaya masuk. Selain itu, pemenang tiap perlombaan juga akan diumumkan pada hari kedua.

“Semoga tahun depan, festival ini dapat diadakan kembali dengan perlombaan yang lebih banyak,” ujar Rena, peserta dari SMA Blitar.

Reporter : Elfita R Aulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf konten ini merupakan hak cipta kami. Untuk menduplikasi karya ini dapat menghubungi kami di redaksi@persmacanopy.com