Pimnas ke 29, Salah Satu Tim dari FP UB Mengusung Program Peningkatan Ruang Terbuka Hijau

Malang, CANOPY – Pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke 29 yang akan diselenggarakan di IPB pada 8-11 Agustus 2016, salah satu tim dari FP UB mengusung Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tentang program peningkatan ruang terbuka hijau. Area sekolah menjadi sasaran utama untuk program ini.

Tim yang beranggotakan Rizki Abi Amrullah, Aditya resty maulidha, Tifana Rasyitagani, Arkadyah Dina, Anita Dwy fitria ini mengusung program dengan judul GATRA (Gerakan Adiwiyata Gembira) Program Penghijauan dan Pendidikan Lingkungan Hidup Upaya Pencapaian Sekolah Adiwiyata melalui Pendekatan FOX (Freedom of Expression) di Madrasah Ibtidaiyah Khodijah Kota Malang.

MI Khodijah Kota Malang menjadi mitra sebagai inisiasi program ini. Anita, salah satu anggota, menjelaskan bahwa sasarannya adalah sekolah karena untuk penanaman pendidikan peduli lingkungan hidup agar bisa diajarkan sejak dini. Selain itu, Anita juga menambahka bahwa ia membantu sekolah mitranya agar mendapatkan penghargaan Adiwiyata. Penghargaan Adiwiyata diperuntukkan bagi instansi yang mampu mengajarkan dan mempraktikan kegiatan lingkungan hidup diareanya.

“Dengan sasaran siswa MI, maka penanaman pendidikan lingkungan hidup dapat dimulai sejak dini. Karena pada usia dini, karakter atau penerimaan sesuatu hal yang baru dapat tertanam dalam pikiran siswa tersebut,” jelasnya saat dihubungi reporter Persmacanopy.com melalui pesan yang diterima pada Kamis (28/7).

Kegiatan yang mereka lakukan berupa pendidikan lingkungan hidup seperti menanam benih sayuran, pembuatan kokedama, hidroponik dan pemasangan vertical garden.

Anita mengaku yakin dapat membawa pulang medali dari gelaran Pimnas ke 29 ini karena pendekatan FOX menjadi andalan timnya.

“Pendidikan fox yaitu merupakan pendidikan yang menekankan pada kebebasan berekspresi para siswa dalam melakukan praktik dan teori lingkungan hidup yaitu dengan menyanyikan lagu lagu yang menambah semangat mereka dalam melakukan kegiatan pembelajaran lingkungan hidup, praktik menanam kokedama, hidroponik sesuai dengan kreativitas mereka,” tambahnya.

Pada program yang telah dilakukan di MI Khodijah, Kota Malang, Anita mengaku bahwa telah ada peningkatan ruang terbuka hijau di sekolah tersebut yaitu dari 3,7 m2 menjadi 15,5 m2. Target untuk satu sekolah yaitu seluas 10 m2.

Anita dan kawan-kawan yang saat dihubungi reporter Persmacanopy.com sedang menjalani karantina berharap agar program mereka dapat tetap berlanjut dan diterapkan di seluruh Kota Malang maupun seluruh Jawa Timur.

 

Reporter : Nur Dian Laksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf konten ini merupakan hak cipta kami. Untuk menduplikasi karya ini dapat menghubungi kami di redaksi@persmacanopy.com