Empat Tuntutan Aliansi Malang Peduli Kendeng

Malang, CANOPY—Sejumlah elemen masyarakat yang menamakan diri Aliansi Malang Peduli Kendeng menggelar aksi di depan Balai kota Malang pada Kamis (23/3) pagi. Dalam aksi ini, Aliansi Malang Peduli Kendeng menuntut empat hal kepada pemerintah. Iqbal, koordinator lapang, menjelaskan bahwa aksi ini sebagai bentuk dukungan terhadap masyarakat Kendeng.

“Aksi solidaritas ini merupakan bentuk dukungan kita Aliansi Malang Peduli Kendeng kepada rakyat Kendeng serta seluruh rakyat Indonesia dalam dukungan untuk menolak hadinya PT Semen Indonesia di pegunungan Kendeng secara khusus,” jelas Iqbal.

Aliansi ini menuntut empat hal kepada pemerintah terkait dengan polemik antara petani di sekitar pegunungan Kendeng dengan PT Semen Indonesia. Iqbal selaku koordinasi aksi, menjelaskan bahwa empat tuntutan yaitu mendesak Jokowi-JK untuk menghentikan izin operasi PT. Semen Indonesia yang merampas ruang hidup warga yang utamanya di Kendeng, Pemerintahan Jokowi-JK harus menghentikan proyek- proyek infrastruktur yang mengusir dan meminggirkan rakyat dari ruang hidupnya, mendesak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk menaati hukum, mendesak rezim Jokowi-JK untuk menjalankan kedaulatan politik dan ekonomi.

Tuntutan ini merupakan hasil dari kajian yang telah dilakukan sebelumnya. “Jelas sebelum kami melaksanakan itu aksi solidaritas terlebih dahulu kami mengkajinya secara mendalam dengan mengedepankan musyawarah,” tambah Iqbal.

 

Reporter :Desy FFU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf konten ini merupakan hak cipta kami. Untuk menduplikasi karya ini dapat menghubungi kami di redaksi@persmacanopy.com