Antusiasme Maba Disabilitas Jalani Rangkaian POSTER

Malang, CANOPY – Dari  ke-32 mahasiswa baru penyandang disabilitas yang mengikuti Raja Brawijaya pada hari sebelumnya, terdapat 3 di antaranya yang diterima di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Ketiganya juga terlihat mengikuti rangkaian POSTER 2017 pada Minggu (20/08) yang termasuk dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Fakultas (PKKMF). Mahasiswa tersebut memiliki keterbatasan pendengaran (tuna rungu), bibir sumbing, dan autis ringan.

Mereka didampingi khusus oleh relawan dari Pusat Studi dan Layanan Disabilitas. Relawan tersebut akan mendampingi mulai dari awal hingga rangkaian POSTER 2017 berakhir.  “Relawan itu dapat membantu berkomunikasi dan mendampingi mahasiswa tersebut hingga acara POSTER berakhir,” Ujar Fitriyah Koordinator Humas POSTER 2017.

Walaupun memiliki keterbatasan, para mahasiswa baru tersebut tetap antusias dalam mengikuti rangkaian program orientasi ini. Ditemui reporter LPM CANOPY di sela acara, Fajar Imani, salah satu Mahasiswa baru penyandang disabilitas terlihat bersemangat saat ditanya tentang kesan dan pesan menjadi mahasiswa pertanian Universitas Brawijaya dan cita-citanya. “Alhamdulillah saya senang dan bangga menjadi Maba FP UB dan saya bercita-cita ingin menjadi dosen atau peneliti,” ujarnya.

Harapan dan tujuan yang besar disampaikan pula oleh Fajar saat ditanya tentang rencana kedepan ketika menjadi mahasiswa Universitas Brawijaya. “Saya juga ingin masuk dan mendaftar di International Association of Students in Agricultural and Related Sciences Universitas Brawijaya  seperti program pertukaran pelajar namun khusus ditujukan untuk mahasiswa pertanian di seluruh dunia dengan harapan saya dapat tahu dan mengenal mahasiswa pertanian bukan hanya di UB saja, tetapi seperti Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, dan Luar Negeri yang ada fakultas pertaniannya,” lanjutnya.

Reporter : Taufik Nurrohman

 

Tulisan ini telah terbit di media cetak CA’PONY edisi POSTER 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf konten ini merupakan hak cipta kami. Untuk menduplikasi karya ini dapat menghubungi kami di redaksi@persmacanopy.com