Mari Berkontribusi Bersama LPM Canopy

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Canopy merupakan organisasi yang bergerak dibidang kejurnalistikan di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB). LPM Canopy berdiri sejak 4 November 1984 yang ditandai dengan penerbitan majalah pertama CANOPY. Canopy memiliki kedudukan sebagai salah satu Lembaga Otonom Fakultas (LOF) Pertanian Universitas Brawijaya. Visi dan Misi LPM CANOPY adalah memberikan wacana kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa FP UB. Serta membangun pertanian indonesia melalui bidang jurnalistik.

Menjawab beberapa permintaan yang masuk tentang media kontribusi bagi pembaca, bulan ini LPM Canopy resmi membuka Kontribusi Pembaca. Program ini ditujukan untukfasilitasi mem minat dan bakat para pembaca terutama dibidang kepenulisan. Demi perkembangan media ini, maka dari itu kritik dan saran sangat diterima. Jenis karya yang kami terima, yaitu opini, cerpen, resensi, serta puisi dengan memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Opini

Salah satu rubrik yang berisi pendapat seseorang dalam memandang suatu kejadian. Di dalam opini boleh diikutsertakan pendapat pribadi penulis namun harus ada data pendukung yang kuat dalam menuliskan pendapat tersebut.

Sistematika: font Arial, dengan ukuran 11, spasi 1,5, menggunakan rata kiri-kanan, panjang tulisan 800 kata, tidak ada batasan kata untuk judul, dilengkapi dengan data jika diperlukan, karya dikirim dalam bentuk word dengan format doc.

  1. Cerpen

Tulisan yang berbentuk karangan fiksi yang diceritakan secara singkat.

Sistematika: Font Arial, dengan ukuran 11, spasi 1,5, menggunakan rata kiri-kanan, panjang tulisan minimal 1500 kata, tidak ada batasan kata untuk judul, karya dikirim dalam bentuk word dengan format doc.

  1. Resensi

Salah satu rubrik etalase yang berisi tulisan yang menceritakan tentang suatu isi buku maupun film. Dalam resensi harus diberikan beberapa gambaran singkat dari isi buku/film tersebut.

Sistematika: Font Arial, dengan ukuran 11, spasi 1,5, menggunakan rata kiri-kanan, panjang tulisan 600 kata, tidak ada batasan kata untuk judul, dilengkapi dengan data jika diperlukan, karya dikirim dalam bentuk word dengan format doc.

  1. Puisi

Salah satu bentuk karya sastra yang berisikan kalimat-kalimat singkat namun memiliki makna tersendiri yang tersirat.

Sistematika: Font Arial, dengan ukuran 11, spasi 1,5, menggunakan rata kiri-kanan, maksimal 2 halaman, tidak ada batasan kata untuk judul, karya dikirim dalam bentuk word dengan format doc.

Sistematika Pengiriman:

Kontribusi pembaca dikirimkan dalam bentuk word dengan format doc ke alamat surel canopy.brawijaya@gmail.com, dengan format sebagai berikut:

Format nama file        : Jenis Tulisan_Nama Penulis_Judul   

Subjek surel                : Jenis Tulisan_Nama Penulis

Pada badan surel dicantumkan identitas penulis, antara lain Nama Lengkap, Pekerjaan, Institusi, Alamat Surel/Media Sosial Penulis (kondisional), Latar Belakang Penulis Maksimal 100 kata.

Setelah mengirimkan tulian melalui surel, penulis wajib mengkonfirmasi ke nomor Whatsapp Shanti (081936805198).

Ketentuan Umum Kontribusi Pembaca

  1. Kontribusi pembaca akan disiarkan di laman situs persmacanopy.com, OA LINE LPM, Instagram @persmacanopy, dan Twitter @CANOPY_FPUB
  2. Nama penulis akan disertakan dalam setiap publikasi.
  3. Tidak diizinkan menggunakan nama pena/samaran.
  4. Hak publikasi setiap tulisan akan menjadi milik LPM Canopy dan hak milik tulisan tetap menjadi hak milik kontributor.
  5. Tulisan yang dikirim merupakan tanggungjawab kontributor, bukan tanggungjawab Redaksi LPM Canopy.
  6. Tulisan yang dikirim merupakan hasil karya sendiri (bukan plagiat) dan belum pernah ditayangkan di media manapun (digital atau cetak). Pasca diterbitkan, penulis boleh mempublikasikan tulisannya di media lain dengan menyertakan bahwa tulisan tersebut telah diterbitkan di laman persmacanopy.com
  7. Boleh menyertakan gambar dalam tulisan tetapi harus disertai dengan sumber, jika gambar tersebut merupakan hasil karya fotografi atau ilustrasi disertai dengan nama pemilik.
  8. Tulisan yang masuk akan disunting secara minimal (tata bahasa) oleh Redaksi LPM Canopy.
  9. Apabila di kemudian hari diketahui tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan maka tulisan akan diturunkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf konten ini merupakan hak cipta kami. Untuk menduplikasi karya ini dapat menghubungi kami di redaksi@persmacanopy.com