Wedang Uwuh: Minuman Ajaib untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Masa pandemi virus corona ini, orang-orang mulai sadar untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dengan cara menjaga serta meningkatkan imun tubuh. Indonesia merupakan negeri yang kaya akan tanaman herbal obat keluarga sehingga tak heran jika tanaman tersebut dimanfaatkan sebagai minuman tradisional karena memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Salah satu minuman berkhasiat yang sedang trendy adalah wedang uwuh. Jika mendengar namanya, menarik bukan? Ada uwuh-uwuhnya jadi terkesan lucu, tapi jangan salah, minuman ini sangat ajaib. Kalian penasaran? Sekarang duduklah ambil cemilanmu, akan kuceritakan sejarah dan manfaat minuman ini.

Wedang uwuh merupakan minuman khas yang berasal dari Yogyakarta lebih tepatnya di Imogiri. Imogiri adalah daerah yang terkenal dengan makam raja-raja. Wedang uwuh terdiri dari berbagai komponen herbal seperti rimpang jahe, daun manis jangan, daun pala, daun cengkeh, cengkeh, daun secang dan gula batu (Jatmika et al., 2017). Setiap komponen tersebut memiliki manfaat masing-masing, daun secang berfungsi sebagai pewarna merah alami, daun pala memberikan efek rileksasi sehingga tidur lebih nyenyak. Menurut pengrajin wedang uwuh, Daun manis jangan dan cengkeh memberikan khasiat untuk mencegah dan mengobati kolesterol serta menurunkan hipertensi. Tapi masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut terkait hal itu. Sedangkan rimpang jahe berfungsi sebagai penghangat badan, selain bermanfaat sebagai penghangat tubuh jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut Saputri et al. (2018) di dalam rimpang jahe terdapat fagositosis ekstrak zat pedas sebagai imunostimulator sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Lalu, komponen terakhir yakni gula batu biar ada manis-manisnya gitu.

Katanya nih, menurut masyarakat Imogiri, wedang ini digunakan untuk sajian saat menjamu tamu para raja terdahulu. Oleh karena itu, hingga saat ini wedang uwuh masih banyak dilestarikan. Wedang uwuh bukanlah wedang yang mudah didapatkan di sembarang tempat. Yah, namanya juga minuman ajaib, nggak mungkin gampang dicari. Jika menginginkan wedang ini mau tidak mau harus rela berkunjung ke Imogiri atau pasar-pasar tradisional di sekitarnya. Eits tapi tidak perlu risau, sekarang sudah banyak penjual yang menawarkan bahan-bahan untuk membuat wedang ini, baik secara langsung atau melalui situs penjualan daring.

Refrensi

Jatmika, Septian Emma Dwi., Kintoko., Khoiriyah Isni. 2017. Inovasi Wedang Uwuh yang Memiliki Khasiat untuk Penderita Hipertensi dan Diabetes Melitus. Jurnal Riset Daerah, Edisi Khusus Tahun 2017: 55-71.

Saputri, Ginanjar Zukhruf., Haafizah Dania., Widyasari Putranti. 2018. Optimalisasi Pemanfaatan Jahe (Zingiber officinale) dan Rosella (Hibiscus sabdarifa) Sebagai Minuman Kesehatan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. 2(2): 241-248. 

Penulis : Shanti Ruri Pratiwi

Editor : Naila Nifda Amalia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf konten ini merupakan hak cipta kami. Untuk menduplikasi karya ini dapat menghubungi kami di redaksi@persmacanopy.com