Bincang-bincang bersama Ketua Pelaksana POSTER FP UB 2020

Program Orientasi Studi Terpadu (POSTER) FP UB merupakan acara tahunan untuk menyambut mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Acara ini sebagai salah satu upaya pengenalan lingkungan fakultas kepada mahasiswa barunya. POSTER kali ini dirasa sangat berbeda karena pelaksanaanya-pun secara daring atau online. Berikut merupakan wawancara CANOPY dengan ketua pelaksana POSTER FP UB 2020:

Bagaimana persiapan pelaksanaan POSTER sampai sejauh ini?
Kalau persiapannya sudah hampir setengah jalan, sudah sampai ke konsepan kasar acara. Konsepan acaranya kita mengacu dari pelaksanaan raja brawijaya.

Kapan kira-kira pelaksanaan POSTER FP UB?
Kegiatan PK2MF sendiri dilaksanakan pada tanggal 21-22 september 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring memanfaatkan platform digital seperti google classroom, google meet, dan zoom.

Bagaimana mengatasi jika ada beberapa peserta yang nantinya terkendala koneksi internet?
Nantinya dalam penerimaan materi ordik akan direkam terlebih dahulu materinya kemudian di sebarkan kepada peserta. Cara ini ditujukan untuk meminimalisir jika ada kendala internet di tengah jalan, maba bisa melihat kembali materi yang sudah disebarkan sebelumnya.

Bagaimana teknis penugasan nantinya saat POSTER FP UB?
Terkait penugasannya, saat ini sedang dibahas juga di panitia. Gambarannya penugasan tidak terlalu berbeda dengan sebelumnya. Nanti ada penugasan tertulis atau video, namun disini penugasan di upayakan tidak menganggu psikis maba ataupun tidak melibatkan maba untuk melakukan penugasan di luar rumah karena masih ditengah pandemi covid-19.

Apakah rangkaian POSTER 2020 ini sama padatnya dengan POSTER 2019 (seperti PK2MF hingga Open House (OH) kemarin?
Kemungkinan besar masih sama, namun pada saat ini masih fokus untuk mempersiapkan PK2MF-nya.

Bagaimana peran disiplin mahasiswa (disma) pada POSTER 2020? Dan apa bentuk sanksi yang diterima bagi mahasiswa baru yang melanggar aturan sama dengan POSTER 2019 kemarin? Apakah seperti resume 3 hingga 5 jurnal?
Peran disma tetap sama mendisplinkan mahasiswa baru dan juga panitia, memberikan penilaian terhadap maba. Namun, teknisnya saja yang berbeda dikarenakan online, namun pemberian materi yang seperti waktu offline itu tidak diberikan di waktu online ini.

Target apa yang ingin dicapai melalui POSTER 2020 ini?
InsyaAllah tahun ini pengen mencapai target salah satu kelususan dan pendistribusian sertifikat kelulusan yang tepat waktu.


Penulis : Hermawan Fibi
Editor : Shanti Ruri P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf konten ini merupakan hak cipta kami. Untuk menduplikasi karya ini dapat menghubungi kami di redaksi@persmacanopy.com