Kesan Mahasiswa Baru Kehutanan

Tahun ini, Universitas Brawijaya (UB) telah membuka 2 Program Studi Baru (PS) baru salah satunya yakni, PS Kehutanan. PS Kehutanan ini nantinya berada dibawah naungan dari Fakultas Pertanian (FP) dan berada di jenjang S1. Dilansir dari laman suryamalang.com (16/2), Dekan FP UB Dr Ir Damanhuri MS menjelaskan bahwa izin pembukaan program studi  ini baru turun pada Januari 2020 lalu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), karena itu sudah bisa menerima mahasiswa baru ditahun 2020 ini. Nantinya PS Kehutanan akan menerima 90 mahasiswa baru dari 3 jalur penerimaan mahasiswa baru (SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri). Dengan ini, di FP terdapat 3 PS pada jenjang S1 (Agroekoteknologi, Agribisnis, dan Kehutanan) dan total akan menerima 1.100 mahasiswa baru di fakultas ini.

Tercatat pada tanggal (8/4) lalu, hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah diumumkan. Sudah terdapat beberapa nama mahasiswa baru di PS Kehutanan melalui jalur SNMPTN ini. Berikut adalah wawancara pihak Canopy dengan Asmaul Nur Apriadi dan Bunga Tasyalia, sebagai mahasiswa/i baru PS Kehutanan mengenai pandangan dan harapan mengenai PS baru ini.

Kira-kira sudah tahu belum kalau PS Kehutanan merupakan PS baru di UB? Mengapa memilih PS Kehutanan di UB?

Asmaul Nur Apriadi yang biasa disapa Uul mengatakan bahwa dia mengetahui bahwa PS Kehutanan merupakan PS baru di FP. Alasan Uul memilih PS Kehutanan dikarenakan ia tertarik dengan hutan dan alam bebas. Selain itu jarak UB dan rumahnya yang tidak terlalu jauh menjadi alasan mengapa ia memilih UB dan ia menyukai daerah  Malang. Sama halnya dengan Uul, Bunga Tasyalia juga telah mengetahui apabila Kehutanan merupakan PS baru. Awalnya ada keraguan dari Bunga Tasyalia untuk memilih PS ini, tetapi tuturnya setelah melihat prospek kerjanya ia baru memantapkan pilihannya untuk PS ini.

Bagaimana perasaanmu ketika tahu menjadi angkatan pertama di PS ini?

“Senengnya itu nanti di kehutanan kita gak punya kakak tingkat dan temennya gak terlalu banyak,  karena semakin banyak teman semakin sering terjadi pertikaian. Gak enaknya, kita gak punya kakak tingkat jadi kalo buat laporan gak ada yang diminta tolong dan gak ada perantara buat bertanya. Dan dikarenakan kita belum punya akreditasi, jadi angkatan pertama pasti dituntun untuk jadi angkatan yg paling bagus mungkin kayak ada sedikit tekanan, Laboratorium juga masih numpang ke PS lain. Kurang lebih gitu sih.” Tutur Bunga Tasyalia.

“Mungkin lebih ke semangat untuk berproses sama temen-temen. Soalnya juga PS baru, dan kita juga mahasiswa baru, jadi butuh banyak belajar juga  dan juga butuh bantuan dari pihak-pihak yang lain.” Tambahan dari Uul.

Apa harapanmu untuk PS Kehutanan di UB?

Uul berharap semoga  bisa mencetak dan menghasilkan lulusan yang baik sehingga bisa mengangkat prestasi akademik maupun non akademik mulai dari kampus UB sendiri, Prodinya, sampai akreditasinya juga semoga bisa naik tingkat. Lalu Bunga Tasya berharap agar PS ini lebih maju dan segera buat lab sendiri agar tidak menumpang di laboratorium PS lain.

Reporter           : Hanif Azhari

Editor               : Shanti Ruri P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf konten ini merupakan hak cipta kami. Untuk menduplikasi karya ini dapat menghubungi kami di redaksi@persmacanopy.com