Gunawan Wiradi : Pejuang Reforma Agraria Masa Lalu, Kini dan Nanti

Permasalahan reforma agraria seakan tidak ada matinya. Namun, bukan berarti tidak ada orang-orang yang memperjuangkan reforma agrarian. Bila anda mencari siapakah tokoh reforma agraria Indonesia di mesin pencari, Gunawan Wiradi lah salah satu nama yang tertera di halaman pertama. DIlansir dari Sajogyo-institute.org, beliau   dikenal sebagai tokoh yang paham betul mengenai reforma agraria.

Gunawan Wiradi (Foto : kumparan.com)

Dr. HC. Ir. Gunawan Wiradi M.Sos.Sc, pria kelahiran 28 agustus tahun 1932 di Solo dan merupakan seorang keturunan ningrat dari pasangan R. Pujo Sastrosupodo dan R.A Sumirah. Pria yang kini telah berusia 88 tahun ini pernah bersekolah di Sekolah Arjuna pada tahun 1946. Saat beliau menginjak usia 21 tahun, beliau melanjutkan pendidikannya di Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada saat itu, IPB masih berstatus sebagai Fakultas Pertanian Universitas Indonesia. Di sanalah pria yang akrab disapa GWR ini terjun ke dalam dunia aktivis reforma agraria. Tahun 1963, beliau menamatkan pendidikannya dengan judul skripsi “Land Reform di Sebuah Desa Jawa”, sebuah skripsi mengenai reforma agraria. Selanjutnya, beliau memutuskan untuk menjadi dosen di IPB.  Walau begitu, semangat juangnya akan keadilan reforma agraria tidak tamat. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan beliau dalam dunia kepenulisan dan penelitian. Selain itu, GWR juga aktif sebagai dewan pakar di Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) dan Sajogyo Institut.

Selama menjadi aktivis reforma agrarian, GWR menerbitkan beberapa judul tulisan dan buku, antara lain Sosiolog Agraria: Kumpulan Tulisan terpilih yang terbit pada tahun 1999, Reforma Agraria: Perjalanan yang  Belum Berakhir terbit pada tahun 2000, Masa cerah dan masa suram di pedesaan Jawa: studi kasus dinamika sosio-ekonomi di dua desa menjelang akhir abad ke-20 terbit pada tahun 2004, Reforma Agraria untuk Pemula terbit tahun 2005, Metodologi Studi Agraria Karya Terpilih Gunawan Wiradi terbit pada tahun 2009, Reforma Agraria: Dari Desa ke Agenda Bangsa: Dari Ngandagan, Jawa Tengah Sampai Porto Alegre, Brazil : Orasi Ilmiah Dalam Rangka Penganugerahan Dr. Honoris Causa Dalam Bidang Sosiologi Pedesaan Dengan Fokus Kajian Agraria terbit pada tahun 2009, Enam Dekade Ketimpagan yang terbit pada 2011 dan Menilik Demokrasi terbit pada tahun 2015. Bulan Juni tahun 2019 lalu, buku berjudul GWR Jali Merah: Dari Berbagai Tuturan Biografis Gunawan Wiradi terbit. Buku ini diterbitkan sebagai kado ulang tahun GWR yang ke 87.

Referensi :

https://kumparan.com/kumparannews/gunawan-wiradi-jangan-klaim-asal-reforma-agraria-1546837202998054483/full

http://sajogyo-institute.org/menguak-tabu-masa-lalu-biografi-gunawan-wiradi/#:~:text=Di%20kalangan%20aktivis%20dan%20di,Wiradi%20telah%20dikebiri%20sehingga%20mandul.

https://www.goodreads.com/author/show/852675.Gunawan_Wiradi#:~:text=Gunawan%20Wiradi%20adalah%20anak%20bangsa,dasar%2FSD)%20pada%201946.

Penulis : Yuliastuti Yasmin

Editor : Shanti Ruri P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf konten ini merupakan hak cipta kami. Untuk menduplikasi karya ini dapat menghubungi kami di redaksi@persmacanopy.com