Kembangkan Potensi Desa, Mahasiswa UMM Lakukan Penyuluhan Budidaya Jeruk dan Pembagian Bibit Gratis

Desa Sukodadi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang termasuk wilayah yang berpotensi dalam sektor pertanian. Selain dari segi topografi dan iklim, sumber daya manusia pun menjadi faktor pendukung dalam peningkatan produksi komoditas pertanian. Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 87 Universitas Muhammidyah Malang (UMM) bekerja sama dengan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) berupaya mendukung potensi desa pada sektor pertanian  khususnya produksi Tanaman Jeruk yang ada dengan menyelenggarakan penyuluhan pada Senin (1/8).

Suasana Balai Desa Sukodadi saat penyuluhan berlangsung

Kegiatan penyuluhan yang berlangsung di Balai Desa Sukodadi dihadiri oleh Dwi Agung Susanto dan Novi Gunawan selaku perwakilan dari Balitjestro yang memberikan penyuluhan mengenai pengembangan budidaya jeruk. Dihadiri juga oleh Dr. Mohammad Syahri M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN 87 UMM dan Kadis selaku Ketua Gabungan Kelompok Tani beserta Ketua Kelompok Tani daerah lain. Penyuluhan yang baru pertama kali diselenggarakan ini bertujuan untuk menambah potensi desa serta pengetahuan masyarakat seputar budidaya jeruk.

“Harapan kami (mahasiswa UMM -red) dengan adanya program kerja ini dan langsung mendatangkan ahlinya langsung, masyarakat Sukodadi dapat kesempatan untuk menambah potensi desa mereka,” ucap Rizky Ramadhan selaku penanggung jawab acara sekaligus anggota KKN 87 UMM.

Demonstrasi pembuatan lubang tanam jeruk oleh Suparto selaku ketua kelompok tani dusun Ampelatuk

Tidak hanya diisi dengan pemberian materi, kegiatan yang dimulai pada pukul 14.00 WIB juga dilengkapi dengan demonstrasi langsung mengenai penanaman yang tepat oleh Balitjestro. Pembagian bibit jeruk gratis pun dilakukan oleh KKN 87 UMM untuk menunjang modal awal budidaya jeruk bagi kelompok tani.

Antusiasme masyarakat sangat mendukung lancarnya pelaksanaan kegiatan penyuluhan yang menjadi langkah awal dalam meningkatkan potensi desa.

“Tentunya kami berharap acara ini bisa menjadi motivasi dan batu loncatan untuk kami (kelompok tani –red) dalam mengembangkan desa. Kami tentunya berharap yang terbaik untuk desa dan pertanian kami,” harap Kadis selaku Ketua Gabungan Kelompok Tani Sukodadi.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi media contact di bawah ini.
Tiwi : 082254697928
Instagram    : @KKN87UMM2019

Kontributor : Faris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf konten ini merupakan hak cipta kami. Untuk menduplikasi karya ini dapat menghubungi kami di redaksi@persmacanopy.com